Alternatif-Alternatif Pada Hysterectomy

Seperti disebutkan diatas, hysterectomy untuk kondisi-kondisi yang lain daripada kanker umumnya tidak dipertimbangkan hingga setelah tes-tes lain atau obat-obat tidak berhasil. Ada juga prosedur-prosedur yang lebih baru, seperti uterine artery embolization (UAE) atau pengangkatan secara operasi bagian dari kandungan (myomectomy), yang digunakan untuk merawat perdarahan kandungan yang berlebihan. teknik endometrial ablation dan obat-obat yang lebih baru juga adalah alternatif-alternatif.
Perlukah Seorang Wanita Yang Telah Mempunyai Hysterectomy Melanjutkan Mempunyai Pap Smears ?

Wanita mana saja dengan sejarah dari Pap smears yang abnormal direkomendasikan untuk mmpunyai Pap smears untuk sisa dari hidupnya. Jika serviks telah diangkat/dikeluarkan, smear-smear ini lebih tepatnya disebut “vaginal cuff” smears, sebagai gantinya dari Pap smears. Ini karena kesempatan yang rendah namun real (nyata) bahwa kanker serviks dapat berulang tepat pada tempat operasi dimana serviks dikeluarkan/diangkat.

Sebagai tambahan pada wanita-wanita dengan sejarah dari Pap smears yang abnormal, wanita-wanita lain yang memerlukan Pap smears yang terus menerus adalah wanita-wanita dengan supracervical hysterectomy, dimana serviks ditinggalkan ditempat. Pada kasus ini, berlawanan pada wanita yang telah mempunyai hysterectomy untuk sebab-sebab dari kanker serviks, wanita yang telah mempunyai supracervical hysterectomy akan mampu mengikuti petunjuk-petunjuk screening yang sama seperti untuk wanita lain yang telah tidak mempunyai operasi. Contohnya, dokter dapat menghentikan melakukan Pap smears pada umur 65 tahun jika wanita telah disaring dengan baik dan selalu telah mempunyai Pap smears yang normal.

Wanita-wanita yang tidak memerlukan untuk terus menerus mempunyai Pap smears adalah mereka yang telah mempunyai vaginal hysterectomy atau abdominal hysterectomy untuk sebab-sebab yang tidak membahayakan (bukan kanker), seperti fibroid-fibroid kandungan (uterine fibroids). Dengan syarat bahwa mereka telah mempunyai Pap smears yang normal sebelum prosedur, mereka tidak perlu meneruskan untuk mempunyai Pap smears setelah operasi mereka.